Selasa, 05 Maret 2013

Kongregasi Bunda Pengasih Gembala Baik


Kongregasi Bunda Pengasih Gembala Baik ( juga dikenal sebagai Good Shepherd Sisters – RGS ) adalah kongregasi internasional dalam Gereja Katolik Roma, yang jumlahnya hampir 4.000, hadir di 72 negara di lima benua.
Santa Maria Euphrasia
Kongregasi Bunda Pengasih Gembala Baik didirikan oleh St Maria Euphrasia di Perancis. Gereja melalui Paus Gregorius XVI mengesahkan berdirinya rumah induk bagi Kongregasi Bunda Pengasih Gembala Baik tanggal 16 Januari 1835. Pengesahan ini juga menjadi tanda bahwa Allah sendirilah yang menghendaki karya suci ini. Dan menjadi awal berdirinya Kongregasi Bunda Pengasih Gembala Baik.
Kami dipanggil, diutus  dalam misi rekonsiliasi  untuk mewartakan : CINTA BELAS KASIH yang mencari, mengampuni, memperdamaikan, menyelamatkan. Kami mengungkapkan karisma belas kasih Yesus Gembala Baik melalui kehidupan kontemplatif dan aktif.  

Bagi awam, Kongregasi Bunda Pengasih Gembala Baik mempunyai paguyuban yang diberi nama Sahabat – sahabat Gembala Baik. Paguyupan ini merupakan perkumpulan awam yang menghayati semangat Yesus Gembala Baik. Mereka mewartakan semangat pengampunan dan belas kasih Yesus Gembala Baik dalam tugas – tugas harian apapun profesi mereka.
Para Suster RGS
Kekuatan yang memotivasi hidup kita berasal dari pengalaman dicintai oleh Allah dan pengalaman yang menyentuh kita akan Kristus dalam penggembalaan-Nya. Anugerah ini disebut sebagai “karisma". 

Karya pelayanan kami terutama ditujukan bagi perempuan dan anak-anak yang terluka oleh keadaan hidup dan di pinggirkan dalam masyarakat. Dalam mendampingi setiap pribadi yang berada dalam pelayanannya, para Suster Gembala Baik bekerja sama dengan instansi pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat juga awam untuk mengubah struktur-struktur yang tidak adil dalam masyarakat.
Seperti religius lain, kami  menguduskan diri kepada Allah melalui kaul kemiskinan, kemurnian, dan ketaatan. Sebagai Suster Gembala Baik, kami menambahkan kaul keempat, kaul semangat merasul ( Zeal ) yaitu kaul untuk bekerja bagi keselamatan sesama. Seperti Yesus Gembala Baik, dalam mewujudkan cinta belas kasih Bapa kami berusaha merengkuh dunia sesuai teladan dan semangat pendiri, St. M. Euphrasia.

Sumber: http://www.buonpastoreint.org/gembalabaik/siapa-kami_2149

Tidak ada komentar:

Posting Komentar